Kamis, 21 Agustus 2008

Bakpao isi Ayam

Nggak tau kenapa tiba-tiba pagi-pagi pengen makan bakpao isi ayam....ngliat kulkas dan persediaan bahan tersedia lengkap...akhirnya nguplek bentar...jadi deh bakpao isi ayam yang hangat dan cempluk-cempluk...hmmm yummmyyy.....

Bahan bakpao :
500 gr tepung terigu protein tinggi
1 bungkus ragi instant
100 gr gula pasir
250 cc susu tawar hangat
80 gr mentega
1 butir telur
1/2 sdt garam

Bahan isi :
500 gr ayam
5 siung bawang putih
1 sdt merica
1 bh bawang bombay
kecap, garam, gula secukupnya
2 sdm maizena dilarutkan dalam air dingin

Cara membuat isi :
1. Rebus ayam sampai matang kemudian potong-potong
2. Bawang bombay cincang halus
3. Bawang putih, merica dan garam dihaluskan
4. Tumis bumbu halus sampai harum
5. Masukkan bawang bombay sampai layu
6. Masukkan ayam, aduk-aduk sampai rata
7. Masukkan gula dan kecap
8. Kalau sudah matang semua kentalkan dengan maizena yang dilarutkan dalam air dingin

Cara membuat bakpao :
1. Masukkan semua bahan bakpao dalam kom adonan
2. Mixer dengan pengocok roti sampai kalis
3. Tutup dengan lap basah, diamkan selama 30 menit
4. Kempiskan adonan dan bagi menjadi beberapa bagian sesuai selera
5. Isi masing-masing bagian dengan ayam dan alasi dengan kertas roti
6. Diamkan lagi selama 15 menit
7. Kukus sampai matang, jangan lupa tutup kukusan dibungkus serbet supaya air tidak menetes ke bakpao

3 komentar:

cecep mengatakan...

Bu Titi,

Salam kenal. Saya beruntung sekali bisa mendapat resep bakapo yang bu Titi buat tanpa mencoba dulu, maksud saya selama ini yang saya tahu untuk membuat bakpao harus membuat biang. Tapi ternyata bisa langsung di bypass ya cara tsb. Terima kasih bu.

Pecinta Bawang Putih

dedikus mengatakan...

Salam kenal bu Titi, saya dedi mau minta izin copy resep Bakpao ini untuk tugas ujian praktek anak saya di smp. Terimka kasih, semoga Blog ibu tambah maju dan bermanfaat bagi banyak orang.

Titi Leksono mengatakan...

Alhamdulillah seneng sekali kalau resep saya bermanfaat...