Rabu, 03 September 2008

Tahu Guling

Waktu dulu masih kecil pernah nanya ke ibu, "Kok dikasih nama tahu guling kenapa bu?".
Ibu bilang, "Karena dulu ada orang liat penjual makanan ini tapi nggak tahu namanya, trus dia denger ada anak kecil beli bilang ke penjualnya... beli tahu guling....akhirnya dia mikir oooo namanya tahu guling...padahal anak kecil itu masih cedal ...maksudnya beli tahu goreng tapi dia nggak tahu....dan akhirnya dia cerita keorang-orang bahwa ada makanan enak namanya tahu guling...sampai sekarang orang-orang mengenal makanan ini dengan nama tahu guling ...gitu !!".

Hehehe...nggak tau juga bener nggak ya cerita itu ? Atau mungkin itu cuma cerita karangan ibuku aja ??
Tapi yang aku tau tahu guling ini emang enak dan seger banget...apalagi kalau dimakan siang-siang...slurrrpppp....
Cobain deh...

Bahan isi :
5 bh tahu bacem
5 bh tempe bacem
5 bh ketupat
Kol
Taoge
Daun seledri
Bawang goreng
Krupuk bawang

Bahan kuah :
1 liter air
5 siung bawang putih
3 buah cabai rawit
250 gram gula merah
5 sendok makan kecap manis
1 sendok makan asam jawa
Garam secukupnya
4 lembar daun jeruk purut
Daun salam
Lengkuas

Cara membuat :
1. Tahu bacem, tempe bacem, ketupat dipotong-potong
2. Kol diiris halus, taoge diseduh air panas, daun seledri dipotong lembut
3. Membuat kuahnya : haluskan bawang putih, cabe dan garam kemudian bersama dengan bahan lainnya dimasukkan kedalam air yang sudah mendidih sampai semua matang.
4. Tata berurutan diatas piring: ketupat, tahu bacem, tempe bacem, kol, taoge, daun seledri dan bawang merah goreng kemudian disiram dengan kuahnya dan terakhir taruh krupuk bawang diatasnya.
5. Langsung dimakan .....segeeerrrr.....

1 komentar:

Kupat Tahu Mbak Tatik mengatakan...

Kupat Tahu Mbak Tatik Asli Magelang
Kami berada persis dibawah ringin Sambilegi Maguwoharjo
Hanya 7 menit dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta
http://kupatmbaktatik.blogspot.com/